Jumat, 07 Juni 2013

Bahasa Perancis ngelilit Lidah orang Indonesia



Menara Eiffel pada malam hari (indahnya...)


Pasti semua orang tau kan negera Perancis?? Bahasa Perancis itu memang bikin lidah kita agak-agak ngelilit gimana....gitu, dan negara ini punya ciri khas sendiri dalam bahasanya. Gue sering banget ngedenger orang-orang nyebut Brand atau merek suatu barang asal negeri romantis ini dengan asal jeplak tanpa tau sebutan sebenernya. Itulah alasan gue membahas postingan ini.
Bahasa Prancis ini memang berbeda jauh pengucapannya dengan bahasa inggris. Terkadang orang masih suka keliru nyebut nama barang yang berasal dari negeri prancis yang indah ini. Terkadang membuat tanda tanya "Kok bacanya begitu sih??". ya namanya jg negara berbeda pasti mereka punya bahasa dan caranya yang berbeda dalam tiap pengucapan. Betul ga??

Ini adalah contoh Brand dari negaranya si Napoleon (bacanya: Napoleong):

1. Carrefour



Siapa sih yang ga tau Brand satu ini. Pasti pernah dong belanja di supermarket ini. Banyak banget orang yang salah ucap seperti “kerfur”, atau “kerfor”. Ini bahasa Perancis guys bukan bahasa Inggris. Harusnya pengucapannya adalah “karfur”. Dalam bahasa Perancis huruf A tetap dibaca A.
Carrefour sendiri artinya perempatan. Jadi harusnya supermarket ini adanya di perempatan jalan atau persimpangan.

2. Chanel

Brand ini udah ga asing banget dikalangan cewek-cewek. Bahkan makin banyak aja tas KW-an nya boo… gue pernah jg pake tas KW-nya hehe… maklum anak kuliahan dulu pengen ngeceng tapi duit cekak hahahaha…
Tapi sebenernya brand ini bukan untuk tas aja loh. Mulai dari peralatan makeup, Pakaian dan aksesoris chanel juga banyak diminati kaum borjuis.
Kebanyakan orang menyebut brand ini ”cenel” seperti “Channel” dalam bahasa inggris. Itu salah. Harusnya pengucapannya adalah “shanel”

3. Louis Vuitton

Ini dia nih langganan ibu-ibu dan tante-tante kaum jetset. Mereka banyak yang menyebutnya “luis viton”, “luis viten” atau kalo orang sunda “luis piton” hahahaha….
Masa yang ngakunya sosialita ga bisa bacanya sih. Malu dong. Yang bener bacanya adalah “Lui Vitong”. Kalo ribet disingkat aja jadi “LV” (elvi). Ga repot kan???

4. Yves Saint-Laurent
Salah satu produk YSL


Merupakan produk yang banyak diminati juga. produknya mulai dari pakaian, sepatu, parfume sampai makeup. Panjang banget ya namanya. Dibacanya “ivs sang lorang”. Tapi kalo takut salah disingkat aja jadi “YSL” pake ala inggris bacanya. Gampang kan…

5. Sophie Martin

Gak aneh dong dengan nama perusahaan MLM (multilevel marketing) ini. Brand ini cukup terkenal sebutan “sofi martin”. Tapi biar lebih keren dan benar, sebutlah sesuai pengejaannya yaitu “sofi martang”. Aneh ya?? Ya itulah bahasa perancis.

6. Peugeot


mak...pengen mak....

Merek mobil ini udah sering muncul di iklan majalah dan televisi (jarang di tv) haha.
Ga usah ribet-ribet bacanya cukup baca “pezyo” aja. Bukan “piget” atau “pijet” ya hehehe.

7. Renault

Ini juga nama perusahaan mobil. Bacanya juga ga perlu susah-susah . Dibacanya “reno” aja.

8. Givenchy
salah satu produk Givenchy. katanya ni parfume wanginya ga ilang2 nyampe 3 hari


Ini adalah nama brand produk kecantikan. Bacanya adalah “zivongshi”. Senam mulut dikit ga pa-pa kan.

9. L’Oreal


Semua pasti bisa bacanya kan. Iklannya sering muncul di TV. Ga susah juga apalagi ga usah senam mulut dan lidah. Cukup “loreal” bacanya.

10. Pierre Cardin
gila banget ni cowok. subhanallah...


Di Indonesia produk ini banyak di pasaran. Agar tambah keren jangan lupa dibaca “pier kardang”. Agak aneh memang.

11. Longchamp


Brand ini terkenal dengan tas warna warni. Bukan “longchamp” kaya bahasa inggris atau “longcem”. Tetapi bacanya “longsyong”. Jauh beda ya dengan hurufnya.

12. Jean-Paul Gaultier

Ini apa sih. Panjang banget. Jangan ribet, brand satu ini tidak sesusah tulisannya untuk cara bacanya. Cukup sebut “zang pol gotiye”.

13. Elle

Brand ini huruf E dibelakang jangan diucapkan ya. “el” aja bacanya . mudah kan…

14. Charles Jourdan

Label ini bukan dibaca “carles Jordan” ya. Ada keunikan sendiri yaitu “syarl zurdang”. Agak repot memang…

15. Esprit

Brand ini cukup dibaca “espri”. Ga pake T ya…

16. Mont Blanc

“mong blong” itulah bacanya tapi huruf O dibacanya seperti ada sisipan huruf A. jadi terkadang kedengeran seperti “mong blang” (paham kan?)

17. Cartier

Jangan malu-maluin nyebut “kartir” ya. Kalo udah sok tajir nyebutnya “kartiye”. Karena dalam bahasa perancis IE tetap disebut IE.

18. Chopard

Merek jam tangan mewah dan perhiasan ini bacanya adalah “shopar”.

19. Guerlain

Di mal metro dan sogo banyak nih yang jual parfum ini. coba kalo beli sebut “gerlang” ke SPGnya.

20. Lancome

Brand yang cukup terkenal dikalangan cewek-cewek ini cukup dibaca “langkom”.

21. Croissant
enaknyaaa.....


Sapa hayoo yang suka sama roti yang satu ini. Ini adalah salah satu roti kesukaan gue. Tapi gue ga bs bikinnya.
yang suka makan roti ini coba kalo beli ke toko roti sebut "krowasong" ke mbak-mbak penjaga tokonya. Biar keren gitu. Kira-kira bingung ga ya. Ya begitulah pengucapannya.


Bagaimana, udah paham kan. Sebenernya masih banyak lagi brand atau merek dari negara menara Eiffel ini. tapi yang gue post disini adalah produk yang sering dijumpai di Indonesia dan produknya banyak yang pakai. Ironis kan kalo produknya banyak yang pakai tapi banyak juga yang ga tau cara penyebutan nama barangnya.
Buat kaum borjuis jangan sok dulu ya sebelum baca ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman...









sumber referensi:
www.google.com
www.mediabistro.com

www.facebook.com/belajarbahasaperancis
www.anjosvesternchanel.blogspot.com
www.luisvuitton.com
www.wikipedia.com
www.tattodonkey.com

1 komentar:

  1. Itu ada yang salah juga, croissant itu di baca "kruasang" terus yang guerlain itu dibacanya "guerleng" karena "ai" di bahasa prancis dibaca nya E

    BalasHapus