Jumat, 05 April 2013

Pengalaman Operasi Caesar

Nah, ini lanjutan dari tulisan gw sebelumnya. Setelah akhirnya gak berhasil dengan niat yang pengennya lahiran normal, akhirnya gw disaranin untuk Sectio Caesar (bahasa kerennya). Setelah sampe rumah sakit, gw langsung di lariin ke UGD. Di cek CTG dll, nyokap diminta perawat untuk nyiapin kain, baju bayi, dll yang ada dalam daftar (untung dah dibawa perlengkapannya di tas). Perawat minta gw untuk melepas pakaian dalam karena mau dipasang kateter (gak usah dijelasin ngerti kan kateter itu apa). Pas ngelepas pakaian dalam, gw berasa ada yang ngalir dari kemaluan yang ternyata ketuban gw udah pecah dan berubah warna menjadi hijau. Perawat langsung mencatat apa yang diliatnya lalu langsung nyiapin kateter. Gw panik dan takut banget, gak kebayang sebelumnya bakal ada keteter segala. Gw pegang kenceng2 tangan suami sambil merem (rasanya gak bisa dibayangin)

Setelah dipasang selang infuse sama dokter anestesi dan ganti baju operasi berwarna hijau, gw langsung dibawa ke ruang operasi dengan hati yang gak karuan. Sebelum pintu ditutup, gw ngeliat seluruh keluarga didepan pintu dengan mimik wajah campur aduk. Gw ngerti apa yang mereka rasain, terutama suami yang dengan wajah kalemnya tersenyum tapi gw tau apa arti senyum itu.
Operasi dimulai kira2 jam 12 malam lewat dikit. Sebelumnya gw dibius setengah badan dengan cara disuntik di tulang belakang bawah. Gak lama setelah itu gw mati rasa setengah badan, jadi bagian kaki sampai pinggang gak bisa ngerasain sakit tapi gw masih bisa ngerasain apa yang dokter kerjain di perut tapi gak ngerasa sakit sama sekali.
Gw langsung dipasang oksigen dihidung, dipasang semacam kain tirai warna hijau di dada (jadi gw gak bisa liat apa yang dokter kerjakan diperut), dipasang alat tensi tekanan darah di lengan kiri yang tiap beberapa menit menggembung sendiri.

“berdoa ya bu, operasinya akan dimulai”, kata dokter. JREENG…lampu operasi yang gede2 udah nyala diatas. Gw berdoa, komat kamit sendiri kaya mbah dukun. Diruang operasi ada beberapa dokter dan satu orang bidan serta satu perawat cewek. Gw ngerasa dokter udah mulai menyayat perut. Gak lama kemudian kepala rasanya kayak abis kena tonjok, pusing, senat-senut, keliyengan. Gw ngoceh sama dokter kepala rasanya pusing. Gw diminta merem aja sama dokter (Lah dari tadi juga udah merem kali dok). Terus selang infus gw disuntik sama salah satu dokter. Wah ajaib, gak lama udah gak pusing lagi. Lalu setelah beberapa menit gw ngerasa bagian bawah dada di teken2 (lumayan linu juga). Lalu berasa agak sesek jadinya. Eh dokter tiba2 bilang tepat jam 1 pagi “Selamat ya bu anaknya dah lahir. Cewek bu”. Loh mana kok ga kedengeran suaranya. Ternyata dedenya lagi di sedot lendir2nya jadi belum nangis. Gak lama gw denger tangisannya untuk pertama kalinya. Kenceng banget nangisnya. Gw ampe nangis saking terharunya. Tapi ternyata gw belum bisa langsung megang dede bayinya apalagi meluk dia. Gw Cuma dikasih liat sebentar sambil nyium sebentar juga setelah itu dedenya dibawa keruang bayi karena kondisi gw yang belum memungkinkan untuk langsung ngurus dedenya. Sedih banget sih tapi mau gimana lagi.

Tahap pengeluaran bayi yang kira2 cepet banget Cuma setengah jam, ternyata tahap penjahitan gak secepat itu. Gw ngerasa lama banget. Perut rasanya kaya ditarik kasana, tarik kesini tapi gak kerasa sakit. Gw nanya ke salah satu dokter “dok, ini saya lagi dijait ya. Kok lama ya”
Dokternya senyum “iya bu, ini lagi tahap penjahitan. Tapi nanti luarnya dilem. Gak sabar ya bu mau ketemu dedenya’’
“iya dok”.
Kemudian akhirnya operasi selesai juga. Gw berasa pusing dan capek kaya abis perjalanan jauh. Gw langsung dibawa keruang pemulihan yang ternyata duiiingiinnnya minta ampun. Kata perawat sih memang kalau setelah operasi akan terasa sangat dingin efeknya padahal AC udah diset sesuai.
Kira-kira setelah azan subuh, gw baru dipindah keruang rawat inap.
Ya itulah pengalaman gw operasi Caesar. kapok deh berurusan dengan jarum suntik dan kateter. Tapi Alhamdulillah yang penting semua sehat dan selamat.
Terima kasih ya buat keluargaku yang udah nemenin selama di rumah sakit. Apalagi mama yang mungkin kurang tidur buat nemenin. Terima kasih juga suamiku yang tetep setia menemani mulai dari Bunda mules2 sampai operasi yang pastinya kurang tidur juga. AI Lop YU PULL… hehehehe…

Maap ya kepanjangan tulisannya. Moga gak klenger bacanya.

1 komentar:

  1. ya bgtulah emang ribet c kalo caesar. kalo ga ad factor medis lbh baik normal aj.

    BalasHapus